Manfaat Air Kelapa

Manfaat Air Kelapa – Hampir semua orang di Indonesia menyukai air kelapa, alasan utamanya tentu karena rasanya yang menyegarkan. Air kelapa memang kerapkali diminum untuk sekedar melepas dahaga di saat cuaca panas, terlebih di Indonesia. Air kelapa sendiri sudah menjadi minuman yang sering dikonsumsi dan dijumpai di tanah air, bahkan hampir setiap pinggiran jalan atau rumah makan menyediakannya sebagai salah satu menu. Lalu apa manfaat air kelapa?

Manfaat Air Kelapa

Tidak hanya menyegarkan saat diminum, air kelapa juga memiliki banyak manfaat. Sensasi menyegarkan air kelapa datang dari kandungan gula dan elektrolit di dalamnya. Ia juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral tubuh. Air kelapa mengandung vitamin C, zat besi, asam folat, fosfor, magnesium, potasium dan sodium. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat air kelapa, mari simak tips kesehatan berikut ini.

Manfaat Air Kelapa

1. Isotonik alami

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air kelapa mengandung elektrolit. Kekurangan elektrolit di dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan, dan akibatnya merasa lemas atau kurang bertenaga. Dengan meminum air kelapa murni, Anda bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang serta membuat tubuh menjadi segar kembali.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat air kelapa lainnya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan. Air kelapa dapat membantu membuat zat sisa yang ada di dalam perut sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Air kelapa juga dapat menyerap sisa-sisa lemak serta kotoran yang adai di dalam usus. Sementara itu kandungan bioaktifnya akan menjaga kesehatan usus sehingga dapat berfungsi dengan optimal.

3. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini tentu menjadi salah satu masalah terbesar bagi wanita, karena akan sangat mengganggu penampilan mereka. Nah untuk mencegahnya, Anda bisa rutin mengonsumsi air kelapa muda murni. Kandungan asam laurat dan sitokin pada air kelapa akan membantu pertumbuhan dan pergantian sel baru menjadi lebih lancar.

4. Mengatasi rambut rontok

Masalah rambut rontok tentu sangat mengkhawatirkan, sebab jika tidak ditangani dengan serius secepat mungkin bisa mengakibatkan kebotakan. Untuk mengatasi rambut rontok, Anda bisa memanfaatkan air kelapa dan air garam. Caranya, lubangi kelapa muda kemudian masukan garam ke dalamnya secukupnya. Biarkan garam tersebut larut bersama air kelapa dan biarkan semalaman. Setelah itu aplikasikan kedua campuran tersebut pada kulit kepala, dan bungkus. Biarkan sebentar sebelum dibilas dengan air bersih dan sampo berformulasi ringan.

5. Menurunkan kolesterol

Jika santan kelapa bisa mengakibatkan kenaikan kadar kolesterol, air kelapa justru sebaliknya. Air kelapa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, selain itu ia juga mampu membantu mencegah hipertensi. Ini artinya secara tidak langsung, air kelapa juga bermanfaat untuk mencegah serangan stroke.

6. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, air kelapa juga bisa digunakan untuk kecantikan kulit. Anda bisa mengonsumsi air kelapa secara rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat, selain itu ia juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan langsung seperti mengoleskannya pada kulit.

7. Sebagai sumber energi

Manfaat air kelapa yang satu ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat. Air kelapa memang terbukti dapat mengembalikan energi yang terkuras setelah berolahraga. Air kelapa adalah sumber energi alami yang mudah diserap tubuh dengan kandungan nutrisi yang baik.

8. Detoksifikasi tubuh

Air kelapa juga berkhasiat untuk membantu menghilangkan racun-racun yang mengendap di dalam tubuh. Elektrolit dan zat yang terkandung di dalam air kelapa juga mampu menyerap racun dan zat sisa yang menempel pada dinding usus.

Sumber: Desakabut.com