Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik

Setelah membahas Pelancar Asi, mari kita membahas tentang Posisi ibu hamil.  Topik pembahasan posisi tidur ibu hamil sebenarnya sangat penting. Selain menjamin kenyamanan janin di dalam perut, tentu saja posisi tidur yang baik dapat membuat sang ibu hamil dapat melewati tidur di malam hari dengan nyenyak tanpa gangguan.

Tentu saja, dengan posisi tidur yang memang dianjurkan, anda dapat tidur di malam hari dengan kualitas yang baik.

Bukan rahasia umum lagi, semakin tua usia kandungan, semakin besar juga bentuk dan ukuran perut untuk ibu hamil. Dengan besarnya perut, tentu saja ini akan sejalan dengan posisi tidur yang semakin tidak beraturan dan sedikit terganggu. Betul?

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Dianjurkan

Posisi terlentang

Pada poin pertama, yang terbaik perihal cara tidur untuk ibu hamil adalah dengan posisi terlentang. Pada tahap awal hamil, posisi terlentang memang masih dianjurkan untuk ibu hamil. Tapi, ketika usia kehamilan semakin bertambah, sebaiknya anda tidak menggunakan posisi tidur dengan terlentang lagi. Kenapa? Karena ini bisa menyebabkan tekanan di bagian punggung, usus, dn vena cafa inferior. Risiko tidur terlentang dengan keadaan peruta yang sudah membesar memiliki risiko yang mengakibatkan gangguan napas, sakit pinggang, wasir, percernaan, dan sirkulasi darah terganggu.

Posisi tengkurap

Tengkurap ketika tidur sebenarnya relatif aman untuk ibu hamil. Tapi, ketika usia trimester kedua sudah masuk dalam proses kehamilan, tidur tengkurap biasanya akan menimbulkan ketidak nyamanan pada ibu hamil. Ini dikarenakan payudara dan perut yang membesar sejalan dengan usia kehamilan yang bertambah.

Posisi miring

Sampai detik ini, posisi tidur yang dianjurkan dan memang yang terbaik untuk ibu hamil adalah posisi miring. Tidur dengan posisi miring memang sangat berguna demi lancarnya aliran darah yang membawa nutrisi ke janin. Selain itu, tidur miring ke kiri juga efektif demi menjaga sehatnya ginjal. Tentu, posisi ini memang paling nyaman dibanding dengan posisi lainnya.

Yap, posisi tidur ibu hamil ternyata yang paling baik adalah dengan posisi miring. Semoga dapat membantu anda tidur lebih baik, ya!

Baca Juga : Cara Memperbanyak ASI