Sering memakai perhiasan? Inilah Hal-hal yang Harus Anda Lakukan!

gelang

Sebagian besar memakai perhiasan? Bagi anda yang gemar memakai perhiasan untuk menghindari alergi akibat penggunaan perhiasan. Sebagai gantinya, pertama anda awasi 5 tips yang bisa dilakukan.

Pernahkah Anda mengalami kemerahan kulit dan gatal setelah memakai ritus? Jika demikian, kondisi ini biasanya dikenal sebagai ruam perhiasan atau alergi kulit yang berlaku untuk beberapa jenis logam.

Bagi wanita menggunakan perhiasan sering digunakan untuk melengkapi penampilan, apalagi jika ingin melihat sedikit glamour. Tak mengherankan, perhiasan merupakan masalah yang sering ditemui, apalagi jika perhiasan itu baru dan belum pernah digunakan sebelumnya.

Inilah yang harus dilakukan untuk Anda yang sering memakai perhiasan:

1. Gunakan perhiasan yang berkualitas

Hindari menggunakan perhiasan murah dan murah karena lapisan atas perhiasan bisa menyebabkan gatal pada kulit. Contohnya seperti bahan nikel murah membuat perhiasan juga awet dan menghasilkan penampilan yang bagus.

Namun, jika Anda memiliki atau ingin memiliki perhiasan yang mengandung bahan seperti nikel, cukup kunjungi tukang emas untuk melapisi logam lain seperti platinum. Bahan logam platinum dapat digunakan dengan baik oleh mereka yang memiliki kulit sensitif karena hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi.

2. Perhatikan sensitivitas kulit Anda!

Setiap orang memiliki reaksi berbeda terhadap logam, seperti alergi atau reaksi kulit lainnya. Jadi, jika kulit bereaksi terhadap perhiasan yang digunakan, Anda harus segera tahu bahan apa saja yang terkandung dalam perhiasan sehingga Anda bisa menjauh dari itu. Misalnya, Anda alergi terhadap logam nikel, hindari perhiasan stainless karena biasanya diproduksi dengan nikel.

Salah satu tip yang disarankan adalah memiliki tester logam cair. Cairan ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah ada campuran bahan yang tidak diinginkan pada perhiasan. Cara mengaplikasikan cairan ini hanyalah mencelupkannya ke dalam perhiasan untuk pengujian dan jika warnanya berubah, maka kandungan zat tersebut bisa menyebabkan iritasi kulit.

3. Hati-hati dengan kaitan  pada perhiasan Anda

Pada dasarnya penggunaan bahan hook tidak sama dengan yang digunakan pada perhiasan, misalnya kait pada anting atau kalung biasanya terbuat dari logam rendah dibanding bagian lain seperti niobium atau stainless steel. Bahkan kedua zat ini bisa menyebabkan iritasi kulit.

 

4. Pastikan kulit kering

Pastikan kulit Anda tidak basah seperti terkena air atau keringat sebelum mengambil perhiasan. Ini karena, memakai permata pada kulit yang basah bisa menyebabkan gatal dan kemerahan.

5. Lakukan perawatan

Untuk mencegah alergi kulit seperti kemerahan atau gatal, Anda disarankan seminggu sekali untuk menyerap perhiasan dengan cairan pencuci khusus. Mengapa? Karena perhiasan yang Anda gunakan sehari-hari, bisa mengumpulkan kotoran dan residu yang terpapar cairan seperti sabun atau lotion. Juga jangan lupa untuk mencuci bagian-bagian tubuh yang sering terpapar perhiasan, dengan pembersih ringan atau pembersih.

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan cat kuku untuk perhiasan karena ramuannya bisa melindungi kulit Anda dari kontak langsung dengan logam yang menyebabkan iritasi dan iritasi. Selain nyali, bedak atau bedak, bisa digunakan pada kulit Anda sebelum memakai perhiasan untuk mencegah alergi.

Nah, jika Anda merasa tidak nyaman atau jengkel seperti kemerahan dan gatal saat menggunakan perhiasan. Lakukan lah tips tadi dan semoga bermanfaat.

 

Baca juga : Harga emas hari ini